Selasa, 15 Januari 2008

mo makan apa lagi bangsa kita ini?

Di berbagai macam berita electronic sedang ramai-ramai membahas mengenai " Harga kedelai yang melambung " pertama kali waktu tau harga tahu dan tempe naik sich dari koran SINDO yang membicarakan masalah kedelai yang bahan dasar pembuatan tempe. Harga yang biasanya 2400/kg sekarang naik sebesar 200% sehingga harganya senilai 7400/kg fiuh...harga yang cukup fantastic bukan?? selengkapnya...kita aja menu tiap hari tempe dan tahu adalah merupakan makanan pokok,bergizi dan murah, namun dengan seiring naiknya harga kedelai yang cukup mencengangkan...kita mo maem apa lagi????Selengkapnya
Selanjutnya...
di TV sore kemaren jg aku melihat para pembuat tempe dan tahu juga banyak melakukan demonstrasi sana sini, terakhir aku baca di koran hari ini banyak banget kiat pengusaha tahu tempe yang sedang menghadapi lonjaknya harga kedelai. Di berbagai kota ada sekitar 30% perusahaan pembuat tahu-tempe mengalami gulung tikar, bahkan tak sedikit dari para penjual tahu menggoreng ulang dikarenakan harga tahu yang mahal.
Aku sempat tanya pada pembantuku si sanip :
" dek, emang harga tempe sekarang berapa yah?? " waktu itu emang g peduli ma harga tempe
" dulu sih harganya cuman Rp.500,- mbak tapi sekarang udah Rp.1000,- itupun tipis banget " kata sanip
" trus kalo tahu, juga ikutan naik yah?? "
" iya mbak, biasanya seribu dah dapet banyak , sekarang udah 2000an tapi dapet dikit " sanip kasih penjelasan
oh...Ya Tuhan...aku baru nyadar bahwa harga makanan pokok di rumahku cukup mahal juga, dan akhirnya aku baru peduli betapa sulitnya jika seorang ibu rumah dengan gaji suaminya yang minim tapi dia harus memanage keuangan yang tiap tahun tidak ada kenaikan gaji.
Yang lebih aku kuatirkan adalah, para anggota keluarga yang sampai saat ini mencari sesuap nasi aja susah, terus kapan dunk..mereka akan makan dengan format 4 sehat 5 sempurna? makan tahu tempe aja susah, apalagi makan daging? belum lagi susu buat pelengkap gizi bagi tubuh. * ALLah tidak akan memberikan kesusahan bagi hambanya yang tidak bisa mengeluarkan solusinya*.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah tempe naik tahta niih.........